Useless Pricing

Dalam menjual sesuatu, agar tidak terkesan mahal Anda bisa menggunakan strategi membuat pilihan paket harga dimana ada satu atau beberapa harga yang sebetulnya konyol, “useless” alias tidak berguna.

Contoh :
– Paket 1# Rp 20.000 berisi nasi, sayur dan es teh
– Paket 2# Rp 21.000 berisi nasi, sayur, ayam goreng, es teh, dan buah jeruk
Tentu kebanyakan orang akan memilih paket 2 karena dengan selisih Rp 1.000 lebih mahal tapi mendapatkan benefit lebih banyak.

Contoh kedua :
– Paket A# Rp 600.000 berlaku 3 bulan
– Paket B# Rp 500.000 berlaku 6 bulan
– Paket C# Rp 697.000 berlaku 1 tahun

Pada contoh kedua di atas paket A adalah paket konyol yang dibuat bukan untuk dipilih. Dan sudah bisa ditebak bahwa pilihan mayoritas orang akan jatuh kepada paket C.