Pernahkah Anda melakukan riset dengan mengetikkan pertanyaan ke ChatGPT (atau platform AI lainnya) dan membiarkannya menghasilkan jawaban untuk Anda? Meskipun belum pernah, banyak orang yang pernah melakukannya. Bagi sebagian orang, ini lebih mudah daripada mengetikkan pertanyaan mereka ke Google dan menelusuri berbagai hasil pencarian.
Mengingat fakta ini, banyak bisnis merasa perlu mengoptimalkan konten web mereka untuk hasil AI tersebut sama seperti yang mereka lakukan untuk Google dan mesin pencari lainnya. Proses tersebut disebut pengoptimalan mesin pencari (AEO), dan Anda mungkin ingin mempertimbangkannya untuk bisnis Anda sendiri.
Namun, apa itu AEO, dan mengapa Anda harus menggunakannya? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan pertanyaan lainnya di bawah ini. Secara keseluruhan, kami akan membahas hal-hal berikut:
- Apa itu AEO?
- Perbedaan antara AEO dan SEO
- Mengapa AEO penting?
- Cara mengoptimalkan untuk AEO
Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengoptimalan mesin pencari. Lalu, pastikan untuk berlangganan Revenue Weekly , buletin email kami, untuk mendapatkan lebih banyak konten pemasaran bermanfaat yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda!
Apa itu AEO?
Answer engine optimization (AEO) adalah strategi pemasaran digital di mana bisnis mengoptimalkan konten situs web mereka agar muncul dalam respons yang dihasilkan AI terhadap pertanyaan pengguna. Disebut demikian karena generator teks AI sering disebut sebagai mesin jawaban.
Perbedaan antara AEO dan SEO
Anda mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan antara AEO dan search engine optimization (SEO) . Lagi pula, kedua akronim tersebut hanya berbeda satu kata, dan tampaknya merujuk pada proses yang serupa.
Ada yang mengatakan bahwa AEO dan SEO adalah dua strategi yang sama sekali berbeda, sementara yang lain mengatakan bahwa keduanya adalah hal yang sama. Kedua kelompok itu benar. AEO dan SEO secara teknis adalah hal yang berbeda, karena salah satunya mengoptimalkan konten untuk AI dan yang lainnya mengoptimalkannya untuk mesin pencari. Namun, secara praktis, keduanya hanyalah dua versi dari strategi yang sama.
Ya, keduanya ditujukan untuk dua jenis hasil pencarian yang berbeda. Namun, strategi yang digunakan untuk memasukkan konten Anda ke dalam hasil tersebut sebagian besar sama. Hampir semua hal yang akan Anda lakukan untuk mengoptimalkan AEO adalah hal-hal yang seharusnya sudah Anda lakukan untuk SEO. Oleh karena itu, Anda dapat menganggap AEO sebagai bagian dari SEO.
Mengapa AEO penting?
Jadi, mengapa AEO penting? Mengapa Anda harus mengoptimalkan generator AI sejak awal?
Jawabannya adalah banyak orang menggunakannya untuk penelitian. Secara tradisional, semua orang menggunakan Google (dan mesin pencari lainnya) untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka. Namun, sebagian orang merasa lebih mudah untuk bertanya pada alat AI, yang akan memberi mereka satu jawaban.
Tentu saja, jawaban yang dihasilkan AI tersebut masih berasal dari suatu tempat. Dan meskipun ChatGPT mungkin tidak selalu memberikan kredit ke situs tempat informasinya diambil, ada beberapa alat AI yang melakukannya. Bahkan pada alat seperti ChatGPT, pengguna dapat meminta sumber sehingga mereka dapat memeriksa ulang informasi yang diberikan.
Jika situs Anda adalah salah satu sumber tersebut, itu akan membantu orang menemukan situs web Anda dan berpotensi berubah menjadi pelanggan dalam jangka panjang.
Cara mengoptimalkan untuk AEO
Sekarang kita sampai pada pertanyaan besar: Bagaimana Anda dapat mengoptimalkan strategi AEO Anda? Apa yang harus Anda lakukan agar muncul di hasil mesin pencari?
Ada beberapa taktik AEO yang harus Anda gunakan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semua taktik ini adalah hal-hal yang mungkin sudah Anda lakukan sebagai bagian dari SEO Anda. Di antaranya:
- Pertimbangkan maksud pencarian
- Optimalkan untuk cuplikan unggulan
- Optimalkan untuk pencarian suara
- Gunakan direktori bisnis
Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masingnya!
1. Pertimbangkan maksud pencarian
Jika Anda familier dengan SEO, Anda mungkin sudah tahu tentang maksud pencarian — alasan mengapa pengguna mencari kueri tertentu. Jadi, jika seseorang mencari “tips pencegahan hama,” maksud pencarian mereka mungkin adalah ingin tahu cara mengusir hama dari rumah mereka.
Hal yang sama berlaku untuk AEO. Saat Anda menargetkan kata kunci atau kueri tertentu di situs Anda, Anda harus mempertimbangkan alasan orang mencarinya. Kemudian, Anda harus menyesuaikan konten Anda untuk menjawab maksud tersebut. Itulah satu-satunya cara alat AI seperti ChatGPT akan menggunakan konten Anda.
2. Optimalkan untuk cuplikan unggulan
Strategi AEO yang solid lainnya adalah mengoptimalkan konten Anda untuk cuplikan unggulan . Jika Anda tidak tahu apa itu cuplikan unggulan, cuplikan tersebut adalah uraian yang terkadang muncul sebagai hasil organik pertama dalam penelusuran Google.
Untuk mendapatkan peringkat konten Anda dalam cuplikan unggulan ini, Anda perlu memberikan jawaban yang singkat dan padat untuk pertanyaan tertentu. Dan ternyata, hal yang sama berlaku untuk AEO. Mesin pencari jawaban biasanya memberikan jawaban yang sederhana dan lugas untuk pertanyaan pengguna, yang berarti mereka akan lebih menyukai konten yang sudah memformat informasi dengan cara itu. Selain itu, Google terkadang menampilkan jawaban AI dalam hasil pencarian.
3. Optimalkan untuk pencarian suara
Selain mengoptimalkan cuplikan unggulan, Anda harus membuat konten yang dioptimalkan untuk pencarian suara . Namun, apa artinya mengoptimalkan pencarian suara?
Nah, tidak seperti kebanyakan pencarian Google, pencarian suara cenderung diformat sebagai kalimat lengkap (terutama pertanyaan). Jadi, mengoptimalkannya melibatkan penargetan kata kunci berekor panjang, terutama pertanyaan lengkap.
Sama seperti pengoptimalan cuplikan unggulan, ini adalah strategi SEO yang juga berfungsi sangat baik untuk AEO. Bahkan saat orang tidak menggunakan pencarian suara, mereka biasanya tetap mengajukan pertanyaan lengkap saat menggunakan generator AI, daripada sekadar mengetik kata kunci. Jadi, pertanyaan lengkap itulah yang harus Anda targetkan dalam konten Anda.
4. Gunakan direktori bisnis
Terakhir pada daftar taktik AEO kami, Anda harus memastikan untuk mendaftarkan perusahaan Anda di beberapa direktori bisnis daring yang berbeda .
Profil Bisnis Google adalah salah satu contohnya, tetapi Anda juga dapat dicantumkan di situs seperti Yelp atau The Yellow Pages (tergantung pada industri Anda). Jika ada direktori lokal untuk bisnis di industri Anda, usahakan untuk dicantumkan di sana juga.
Mengapa? Karena ketika generator AI diminta untuk merekomendasikan bisnis, mereka sering kali akan mengambil informasi dari direktori online. Jadi, Anda ingin informasi bisnis Anda tersedia di situs tersebut, sehingga peluang Anda untuk muncul dalam respons mesin pencari lebih besar.
source : webfx