Inilah 15 Skill Di Dunia Digital yang Paling Dibutuhkan di 2022

Selama dua tahun terakhir perekonomian Indonesia menghadapi masalah besar, imbas dari pandemi covid-19. Kondisi ini berpengaruh besar terhadap dunia kerja dan bisnis, di mana tingkat persaingan makin bertambah ketat. Agar bisa menghadapi masalah ini ada beberapa skill yang dibutuhkan di 2022.

Bahkan ada kemungkinan skill ini tetap menjadi sarana terbaik untuk berkembang dan meraih kesuksesan hingga beberapa tahun mendatang. Baik pelaku bisnis maupun pencari kerja, akan mampu memenangkan persaingan apabila telah menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan erat dengan semua skill tersebut.

Berikut ke 15 Skill di Dunia Digital yang Paling Dibutuhkan di 2022 :

Literasi Teknis

Pada tahun 2022, hampir setiap jenis pekerjaan punya ketergantungan pada teknologi informasi dan digital. Meski tidak semuanya harus kamu pelajari, namun setidaknya  mengetahui  tools  apa saja yang punya manfaat tinggi untuk membantu menyelesaikan tugas kerja sehari-hari.

Analisis Data

Apapun bidang pekerjaan atau bisnis yang kamu tekuni, analisis data merupakan skill yang dibutuhkan di 2022. Data adalah salah satu bagian terpenting dalam dunia usaha karena punya peran sebagai dasar utama dalam membuat keputusan. Jadi jangan ragu belajar ilmu ini, apalagi pada tahun mendatang kebutuhan terhadap keahlian ini akan bertambah banyak.

Cloud Computing

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini telah memunculkan dorongan besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan orang yang memiliki keahlian  cloud computing . Tujuannya adalah agar bisa memiliki tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar. Sehingga kebutuhan atas skill ini ikut meningkat.

UX  dan  UI Design

Kemampuan dalam bidang  UX  dan  UI Design  bisa membantu kamu untuk meningkatkan layanan konsumen. Misalnya interaksi dengan pelanggan, penawaran produk dan sebagainya. Dari waktu ke waktu kebutuhan atas keahlian ini terus meningkat karena punya manfaat penting untuk kemajuan bisnis.

Web Development

Agar dapat membuat  web  bisnis dan  shop online  dengan kualitas tinggi, maka setiap perusahaan harus bersedia menjalin kerja sama dengan orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang  web development . Contoh skill yang dibutuhkan di 2022 tersebut antara lain adalah  coding ,   Java, HTML,  CSS Framework  dan pengetahuan terkait lainnya.

Digital marketing

Meningkatnya transaksi belanja produk melalui  e-commerce  telah melahirkan peluang bisnis dan kerja baru bagi kamu untuk menjadi  digital marketer . Jika ingin menguasai keahlian ini, pelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan teknik promosi,  brand awareness , campaign ,   social media marketing , “ website”,  dan  email .

Social Media Savvy

Saat ini sebagian besar perusahaan bahkan hingga pelaku UMKM selalu butuh  Social Media Officer , yakni orang yang punya keahlian khusus dalam bidang media sosial. Tugas utama mereka yaitu meningkatkan promosi dan branding produk. Berdasarkan perkembangan inilah  social media savvy  menjadi skill yang dibutuhkan di 2022.

Multimedia

Jenis konten paling populer pada masa sekarang adalah konten video Banyak pelaku usaha yang membutuhkan konten ini. Oleh karena itu tidak mengherankan jika profesi  videographer, video editor,  dan  design graphic  menjelma jadi skill yang dibutuhkan di 2022. Banyak perusahaan yang tertarik kerja sama dengan orang yang punya keahlian tersebut.

Content Writer, Copywriter  dan  UX Writer

Bukan hanya multimedia,  content writer, copywriter  dan  UX writer  juga menjadi skill yang dibutuhkan di 2022 hingga beberapa tahun ke depan. Dalam pandangan umum, ketiga keahlian tersebut punya tugas yang sama yaitu membuat konten tulisan. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan antara  content writer, copywriter  dan  UX writer  yang juga patut kamu ketahui.

Keahlian SEO (Search Engine Optimization)

Di dunia bisnis, banyaknya  traffic website  dan toko  online  mempunyai pengaruh besar terhadap transaksi penjualan. Agar dapat mencapai tujuan ini, pemilik usaha perlu mengandalkan seseorang yang memiliki  skill  dalam bidang  SEO . Tujuannya agar semua konten yang terunggah di website dan media sosial bisa terindeks oleh mesin pencarian data terutama  Google .

Cyber Security

Seirama kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, makin banyak bermunculan kasus-kasus kejahatan digital. Mulai dari pencurian data, serangan  malware, phising, social engineering, ransomware  dan masih banyak lagi. Di sinilah orang yang punya keahlian di bidang  cyber security  akan berperan sebagai penangkal kejahatan tersebut.

Semoga Artikel ini bermanfaat.

Sumber : exabytes

Digital Marketer

Sliding Sidebar

Prosyar Acts & Digital Business Enthusiast

Bersosial :