5 Generasi Dalam Kurun 100 Tahun Terakhir

Setidaknya ada 5 generasi yang ada dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini. Mari simak ulasannya dan termasuk generasi yang manakah Anda ?

1. Generasi Baby Boomers ( Lahir Antara 1946 – 1964 )

Generasi baby boomers ini terlahir pada masa-masa dimana berbagai perang telah berakhir sehingga perlu penataan ulang kehidupan dan banyak keluarga yang memiliki banyak anak.

Di samping itu, perekonomian dan pertumbuhan penduduk sedang mulai meningkat. Adat istiadat masih dipegang teguh dan bahasa bahasa yang digunakan masih kaku. Orang-orang pada masa itu masih cenderung “kolot” dan sangat matang dalam pengambilan keputusan

Generasi Baby Boomers cenderung tidak suka menerima kritik. Uang dan pengakuan dari lingkunganlah yang utama. Gengsi menjadi urutan pertama dalam kehidupan sosial.

Pandangan akan pekerjaan dan kehidupan pribadi para Baby Boomers tidak seimbang, dimana generasi ini menganggap bahwa hidup untuk bekerja. Namun demikian, loyalitas dan dedikasi dalam bekerja menjadi poin positif bagi Baby Boomers.

Generasi Baby Boomers sekarang tentunya sedang menikmati masa-masa pensiun.

2. Generasi X (Lahir antara 1961-1980)

Generasi X ini cenderung suka akan risiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat dari pola asuh dari generasi Baby Boomers. Generasi ini terlahir pada masa-masa adanya gejolak dan transisi serta menyaksikan berbagai konflik global seperti Perang Dingin, Perang Vietnam, dan jatuhnya Tembok Berlin.

Generasi ini cenderung lebih toleran, menerima berbagai perbedaan yang ada. Selain itu, dari segi teknologi informasi, generasi ini mulai mengenal yang namanya komputer sehingga generasi ini mulai berpikir secara inovatif untuk mempermudah kehidupan manusia.

Generasi X sangat terbuka dengan kritik dan saran agar lebih efisien dalam bekerja. Pandangan mereka adalah bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja sehingga kehidupan antara pekerjaan, pribadi, dan keluarga cenderung seimbang.

3. Generasi Millennial atau Generasi Y (Lahir antara 1981-2000)

Di era ini, selain komputer sudah menjamur, ditambah lagi dengan berkembangnyavideogamesgadgetsmartphones dan setiap kemudahan akan fasilitas berbasis computerized yang ditawarkan serta kecanggihan internet, membuat Generasi Millennial ini menjadi suatu generasi yang mudah mendapatkan informasi secara cepat. Pola pikir dan karakter generasi ini dapat dikatakan generasi penuh ide-ide visioner & inovatif untuk melahirkan generasi yang memiliki pengetahuan dan penguasaan IPTEK.

Bagi Anda yang saat ini menginjak usia 20-30 tahun, tentunya Anda adalah Generasi Millennial dan kini sedang dalam masa akhir perkuliahan dan memasuki dunia kerja. Manfaatkan usia Anda untuk segera memiliki perencanaan keuangan yang mapan sebagai persiapan di usia 30an.

4. Generasi Z (Lahir antara 2001-2010)

Generasi peralihan ini teknologi sedang sangat berkembang jadi pola pikir mereka cenderung serba ingin instan. Namun masih belum banyak yang dapat disimpulkan karena usia mereka saat ini masih menginjak remaja. Kehidupan mereka cenderung bergantung pada teknologi, mementingkan popularitas dari media sosial yang digunakan.

Karakter generasi ini adalah menghargai keberagaman, menghendaki perubahan sosial, suka berbagi dan berorientasi pada target.

5. Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang)

Generasi Alpha terlahir dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Di usia mereka yang sangat dini, mereka sudah mengenal dan sudah berpengalaman dengan gadgetsmartphone dan kecanggihan teknologi yang ada.

Selain itu, kebanyakan mereka terlahir dari keluarga dengan masa Generasi Y yang juga terlahir pada masa-masa awal perkembangan teknologi. Pola pikir mereka yang terbuka dengan perkembangan serta transformatif dan juga inovatif akan mempengaruhi perkembangan anak-anak generasi Alpha.

Kenali Pola Pikir dan Paradigma Setiap Generasi

Dengan menyadari setiap perbedaan generasi, kita dapat semakin mengenal pola pikir dan bahkan paradigma hidup masing-masing. Anda dapat saling memahami dan memaklumi setiap kelebihan bahkan kekurangannya. Hal ini sekaligus menyadarkan kita tentang seringnya berbeda pendapat dengan orang yang lebih tua, bahkan yang paling dekat yakni orang tua sendiri. Sebab, mereka lahir dengan lingkungan yang berbeda dengan masa kita dilahirkan.

Creative Digital Marketing Strategist

Site Footer

Sliding Sidebar

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

Social